Perbandingan Performa Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H – Gadget Indonesia

by

Jika Anda bukan orang yang paham teknologi maka Anda mungkin tidak akan tahu jawaban mana yang lebih baik, AMD atau Intel? Nah, tahun lalu kami bisa mengadu Intel Core i7 11800H melawan AMD Ryzen 7 5800H head-to-head dalam produktivitas dan game dengan Intel mengumpulkan kemenangan terbanyak. Tahun ini, kami kembali dengan 12th Gen Intel Core i7 12700H dan CPU AMD Ryzen 7 6800H. Akankah AMD merebut kembali mahkota gaming, atau akankah Intel meraih kemenangan yang lebih menentukan? Mari cari tahu saat kita menempatkan CPU ini pada serangkaian tolok ukur produktivitas dan meminta mereka menjalankan judul triple-A terbaru dalam pertarungan langsung.

Prosesor Intel Core Generasi ke-12

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H Intel 12th Gen Mobile 1

Sebelum kita membahas angka-angka menarik, pertama-tama mari kita bahas apa yang baru dengan Arsitektur Intel Generasi ke-12. Arsitektur hybrid performa CPU Intel Generasi ke-12 merupakan peningkatan luar biasa dibandingkan generasi sebelumnya berkat debut P-core dan E-core. P-Core adalah core berperforma tinggi Intel yang berfokus pada performa single-threaded, sedangkan E-Core adalah core berefisiensi tinggi yang mengutamakan efisiensi daya di atas performa mentah. Core ini bekerja sama untuk mengoptimalkan performa untuk beban kerja tertentu. Misalnya, P-Core dapat menangani aplikasi berat seperti game dan pengeditan video, sedangkan E-Core dapat menangani tugas-tugas biasa dan ringan seperti penelusuran web, pemindaian virus, atau pembaruan Windows. Tambahan penting lainnya untuk arsitektur ini adalah Intel Thread Director, yang mengelola kinerja P-Core dan E-Core berdasarkan beban kerja. Thread Director bertindak sebagai pengontrol lalu lintas, mengarahkan beban kerja ke inti yang paling efisien untuk tugas tersebut. Ini mengoptimalkan pemanfaatan inti, memastikan bahwa setiap inti digunakan secara maksimal. Tentu saja, selain desain inti yang baru, CPU Intel Generasi ke-12 juga menghadirkan teknologi industri terkini seperti dukungan DDR5 dan PCIE Gen 5.

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H 002

Jadi, bagaimana perbandingan Intel Core i7 12700H dengan Ryzen 7 6800H? Nah, Intel Core i7 12700H memiliki 12 core dan 20 thread, dengan kecepatan clock dasar 2.4GHz dan kecepatan clock boost 4.7GHz. Di sisi lain, AMD Ryzen 7 6800H memiliki 8 core dan 16 thread, dengan kecepatan clock dasar 2,9GHz dan kecepatan clock boost 4,4GHz. Kedua CPU memiliki TDP 45 watt dan mendukung memori DDR5, meskipun prosesor mobile Intel Core 12th Gen juga mendukung memori DDR4 generasi terakhir yang memungkinkan pilihan yang lebih murah bagi konsumen yang tidak memerlukan kecepatan ekstra. Dalam hal jumlah core dan kecepatan clock, Intel Core i7 12700H memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan AMD Ryzen 7 6800H. Tapi bagaimana itu diterjemahkan menjadi FPS yang lebih baik?

Baca Artikel Terkait  Ulasan MSI Cyborg 15 (A13V : 2023)

PENAFIAN + Tolok Ukur dan Metodologi Pengujian

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H 001

Dalam perbandingan Intel Core i7 11800H vs AMD Ryzen 7 5800H tahun lalu, kami dapat melakukan perbandingan apel-ke-apel 1:1 yang sempurna karena laptop yang menampung CPU identik — ASUS TUF A15 dan F15. Kedua laptop memiliki bentuk, spesifikasi, dan pendinginan yang sama persis. Sayangnya, generasi laptop saat ini memiliki konfigurasi TDP yang jauh lebih serbaguna baik untuk CPU maupun GPU. Meski begitu, kami masih bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi inti yang sama meski dari merek berbeda. Legion 5 menggunakan Intel Core i7 12700H, RAM 16GB DDR5 4800MHz, SSD 1TB, dan GPU 140W RTX 3060. ASUS TUF A15 2022 memiliki spesifikasi yang sama namun dengan AMD Ryzen 7 6800H. Kedua CPU memiliki TDP 45W yang merupakan konfigurasi TDP maksimum model ini.

Filosofi pengujian Gadget Pilipinas adalah untuk memberikan hasil yang berorientasi pada detail seakurat mungkin sehingga pembaca kami dapat mereplikasi pengujian kami mengingat kondisi ini terpenuhi. Kedua laptop diuji dengan versi Windows yang sama termasuk Driver Grafik yang sama untuk lingkungan pengujian yang lebih terkontrol. Kedua laptop memiliki firmware masing-masing, dan BIOS diperbarui ke versi terbaru. Tidak ada aplikasi lain yang diinstal selain perangkat lunak pembandingan, permainan, dan perangkat lunak pemantauan yang diperlukan. Terakhir, profil performa kedua laptop disetel ke profil tertinggi yang tersedia. Kami menguji laptop pada resolusi 1080p untuk lebih fokus pada performa CPU.

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H Tolok Ukur

CINEBENCH R23

Intel vs AMD Cinebench R23

Cinebench R23 menunjukkan kinerja inti tunggal yang dekat dengan Intel Core i7 12700H memimpin 20% persen atas AMD. Pindah ke tolok ukur multicore memberi Intel skor 30% lebih tinggi.

Baca Artikel Terkait  PHP 5,5 Juta Samsung 89-inch Micro LED TV Diluncurkan di Korea Selatan - Gadget Pilipinas

Serangan Api 3DMark dan Timespy

Firestrike dan Timespy 3DMark menunjukkan hasil yang bertentangan dengan AMD memimpin dalam FireStrike yang merupakan urutan benchmark DirectX 11. Namun, Intel menunjukkan kemenangan yang jauh lebih menjanjikan saat kami beralih ke TimeSpy DX12 yang menunjukkan pemanfaatan inti yang jauh lebih efisien.

TANDA SILANG

Tanda silang Intel v AMD

Intel memimpin dengan solid di Crossmark dengan selisih skor sebanyak 50% dibandingkan AMD dalam respons sistem.

Procyon UL

Procyon Intel vs AMD

Mengakhiri rangkaian tolok ukur sintetik kami adalah Tolok Ukur Pengeditan Video Procyon. Skor Intel Core i7 12700H yang lebih tinggi menunjukkan dominasi dalam pengkodean video H.264 dan H.265 menjadikannya CPU yang ideal untuk pengeditan video dan produktivitas.

DOTA 2

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H DOTA 2

Patch 7.33 terbaru DOTA memperluas peta game sebesar 40% yang mengakibatkan game tersebut membutuhkan lebih banyak sumber daya dengan game yang lebih berat CPU. Meskipun bebannya lebih berat, Intel Core i7 12700H mampu menghasilkan 180 FPS pada pengaturan tertinggi yang lebih dari cukup terutama untuk laptop dengan tampilan 144Hz atau 165Hz. FPS 102,6 1% menunjukkan pengalaman gameplay yang jauh lebih stabil karena masih menyentuh angka FPS tiga digit.

CS: PERGI

CS:GO adalah game yang populer bukan hanya karena sifat Esports dan F2P-nya, tetapi juga karena sensitivitasnya terhadap CPU menjadikannya tolok ukur game FPS pilihan di antara pengulas. Game Source Engine lama menunjukkan perbedaan performa yang drastis antara Intel dan AMD dengan yang sebelumnya mendapatkan frekuensi gambar rata-rata dua kali lipat. Meskipun Anda belum tentu “melihat” perbedaan FPS, kehalusan yang dirasakan, dan latensi terasa lebih baik pada Intel Core i7 12700H berkat frekuensi gambar yang lebih tinggi.

Cyberpunk 2077

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H Cyberpunk

Cyberpunk 2077 adalah salah satu game triple-A yang menuntut bahkan komponen andalannya hampir tidak dapat menjalankan 4K di atas 60FPS. Tidak seperti game free-to-play sebelumnya, perbedaan performa antara kedua CPU hampir dapat diabaikan, tetapi perlu dicatat bahwa Core i7 12700H memiliki 1% lebih rendah pada 56,6 FPS yang berarti memberikan pengalaman bermain game yang jauh lebih stabil dengan gagap dan penurunan bingkai yang tidak terlalu mencolok.

Baca Artikel Terkait  Ulasan Huawei Watch 4 Pro Smartwatch - Akhirnya bisa berbuat lebih banyak

Panggilan Tugas Modern Warfare II

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H CODMW2

Kembali ke judul yang lebih terikat CPU, CODMWII adalah salah satu judul Battle Royale paling populer, jika bukan yang paling populer sejak dirilis tahun lalu. Meskipun kedua CPU gagal melewati tanda FPS tiga digit, Intel Core i7 12700H memberikan pengalaman bermain game yang jauh lebih stabil karena 1% terendahnya adalah 58,2 FPS.

Kesimpulan

Intel Core i7 12700H vs AMD Ryzen 7 6800H

Kedua CPU memberikan lompatan yang layak dalam kinerja dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tetapi yang membedakan Prosesor Intel Generasi ke-12 adalah rangkaian fitur yang tidak hanya meningkatkan kinerja tetapi juga dalam efisiensi, kompatibilitas, dan stabilitas seperti yang terlihat dalam tolok ukur kami. Teknologi Intel Thread Director mengoptimalkan alokasi beban kerja di antara core-core ini, menghasilkan sistem yang lebih efisien dan responsif yang menggabungkan daya komputasi performa tinggi P-core dan efisiensi daya E-core yang luar biasa. Apa yang membuat prosesor Intel Core H-series Generasi ke-12 menonjol adalah kompatibilitas mundurnya dengan memori DDR4 yang memungkinkan konsumen memiliki opsi yang lebih murah, terutama mereka yang beban kerjanya tidak terlalu bergantung pada kecepatan RAM. Jadi, jika Anda mencari laptop berperforma tinggi baik untuk membuat konten, bekerja, atau bermain, maka laptop yang ditenagai Intel 12th Gen Core akan sangat sesuai dengan kebutuhan Anda berkat peningkatan performa, fitur, dan nilai yang dihadirkan oleh arsitektur CPU Intel.

Grant adalah lulusan Manajemen Keuangan dari UST. Semangatnya untuk gadget dan teknologi melintasinya di industri di mana ia dapat menerapkan pengetahuannya sebagai penggila dan keterampilan analitik mendalam sebagai Jurusan Keuangan. Semangatnya memungkinkan dia untuk mendapatkan penghasilan sekaligus membantu pembaca Gadget Pilipinas dalam membuat keputusan dan pembelian yang cerdas dan berbasis nilai dengan ulasan dan panduannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.