Ulasan Alienware m16 R1 (2023)

by

Laptop Alienware, secara historis, merupakan tas campuran. Mereka terlihat hebat dan memang sangat cepat, tapi bisa juga berat dan agak tidak stabil. Alienware m16 R1 baru terlihat mirip dengannya pendahulutetapi menampilkan chip generasi terbaru dari Intel dan Nvidia jadi pelambatan termal harus dikurangi. Sasis 16 inci yang baru juga memiliki beberapa fitur ventilasi yang dapat mengurangi panas berlebih. Mari kita lihat bagaimana tarifnya.

Penjualan Laptop Lenovo

Spesifikasi

Layar Layar IPS 16 inci, matte, 165Hz, 2.560 x 1.660
Prosesor Prosesor Intel Core i7-13700HX 3,7-5,0 GHz
Penyimpanan RAM 16GB DDR5-4800
Grafik 8 GB Nvidia Geforce RTX 4060
Perangkat keras 1TB PCIe NVMe
Konektivitas Wifi 6E
Bluetooth 5.3
2 x Petir 4
3 x USB-A 3.2 Gen 1
1 x slot kartu SD
1 x 2.5GbE port jaringan
1xHDMI 2.1
1xport miniDP
Audio 1×3,5 mm
Pembicara 2x2Watt
Mikrofon Susunan ganda
Keamanan Ekstra Pengenalan wajah Windows Hello
Kamera web HD penuh
Baterai 86Wh
Ukuran 369x290x25 mm
Berat 3KG
SKU 13VH
Spesifikasi lengkap, di sini.

Fitur, Ergonomi dan Desain

Alienware m16 R1 mempertahankan gaya dan kualitas pembuatan yang mengesankan dari pendahulunya. Konstruksinya terasa tahan bom tetapi ini harus dibayar dengan biaya yang padat dan berat. Meskipun demikian, tutup abu-abu “Dark Metallic Moon” menarik dan cocok dengan sisa sasis matte-hitam dan ventilasi heksagonalnya. Kami penggemar detail RGB yang dapat dikonfigurasi yang diatur ke warna seperti pastel. Ini termasuk logo Alien Head di tutup dan tombol power, keyboard plus lampu belakang “Stadion” yang terlihat seperti bagian belakang pesawat luar angkasa.

Ulasan Alienware m16 R1 belakang
Tetesan keseluruhan Alienware m16 R1 sangat mengesankan sementara detail pencahayaannya menambah bling ekstra.

Meskipun kami menyukai tampilan keyboard Scrabble-Tile, kami memiliki beberapa masalah dengannya. Ini agak tegas (seperti pendahulunya) dan kami tidak ingin mengetiknya untuk waktu yang lama. Seperti banyak keyboard Dell lainnya, kami juga mengalami masalah dalam menggerakkan tombol ‘A’ dan Space Bar. Ini membuat banyak koreksi teks kecuali kami benar-benar menekan keyboard saat mengetik. Kami heran ini belum ditangani oleh Dell setelah bertahun-tahun. Untungnya, kami telah melihat varian dengan keyboard mekanis dan merekomendasikan untuk memilihnya jika memungkinkan.

Keyboard ulasan Alienware m16 R1
Kami masih terkejut bahwa Dell belum menangani masalah terkait keyboard kaku yang telah merusak berbagai model selama bertahun-tahun.

Tetap saja, tombol panah berukuran penuh dan ada beberapa tombol media yang berguna. Selain itu, trackpad yang besar halus dengan tombol yang berbobot baik.

Dell membuat kami takjub dengan speakernya di laptop tipis dan ringan seperti itu XPS13 Plustetapi speaker kembar dua Watt di sini tidak memiliki banyak bass, meskipun terdengar keras.

Alienware m16 R1 mengulas keyboard RGB
Keyboard RGB terlihat bagus saat lampu redup dan begitu pula tombol daya Alien Head. Kami juga dengan senang hati melaporkan bahwa aplikasi Alienware yang baru tidak lagi terasa seperti dirancang oleh alien.

Ada webcam Full HD yang melakukan pekerjaan mengesankan untuk tetap tajam, bahkan dalam cahaya redup. Ini juga memiliki teknologi IR untuk login pengenalan wajah Windows Hello. Susunan mikrofon ganda melakukan pekerjaan yang baik untuk meredam kebisingan di lingkungan yang bising.

Baca Artikel Terkait  Ulasan HP Omen 17 | Laptop Performa Tinggi

Layar cerah, matte, 16 inci memiliki resolusi UHD 2.560 x 1.600 dan menampilkan Desktop Windows yang tajam dan jernih. Multimedia terlihat bagus berkat kontras yang layak (yang mempertahankan detail baik di area terang maupun gelap) dan warna-warna cerah. Orang kulit hitam sejati agak luntur, tetapi tidak sampai tingkat ofensif. Ada beberapa garis halus dalam gradien monokromatik dan warna-warni, tetapi keduanya kecil dan umum dengan layar game cepat.

Ulasan alienware m16 R1 depan
Alienware m16 R1 terlihat bagus saat dibuka. Layar UHD terang dan jernih meski bukan yang tercepat.

Kecepatan refresh 165Hz jelas bukan yang tercepat yang pernah kami lihat di a laptop game, tetapi mengesankan untuk tampilan UHD. Ini memastikan bahwa objek yang bergerak cepat umumnya dirender dengan lancar, tetapi waktu respons piksel yang tidak terlalu cepat berarti keburaman dapat terjadi dalam baku tembak yang cepat dan panik. Ini berpotensi mengganggu pemain pro.

Ulasan Alienware m16 R1 backlight berdarah
Kami tidak memiliki masalah dengan backlight bleed tetapi, jika itu mengganggu Anda, ketahuilah bahwa itu tidak terlihat.

Pada akhirnya, Alienware m16 R1 tampak hebat tetapi bukan laptop terbaik untuk berinteraksi dengan… tentu saja tidak pada tingkat yang harus dicapai oleh laptop gaming premium.

Pertunjukan

Di dalam Alienware m16 R1 terdapat prosesor Intel Core i7-13700HX 3,7-5,0 GHz rentang menengah atas yang memiliki delapan core Performa dan delapan core Efisiensi. Ini diapit oleh 16GB RAM DDR5-4800 ‘di atas rata-rata’ dan memiliki hard drive NVMe 1TB yang cepat.

Ini digabungkan untuk mencetak skor 8.097 yang layak dalam tes PCMark 10 komputasi umum yang jauh di atas rata-rata, tetapi jauh di belakang laptop gaming andalan lainnya. Itu adalah kesepakatan serupa dalam tes rendering berbasis prosesor Cinebench, di mana skornya 3.470 pada drag race R15 dan 22.214 pada tes R23 yang lebih panjang. Stabilitas yang terakhir menunjukkan bahwa pelambatan termal yang kita lihat pada pendahulunya untungnya tidak ada di sini.

Detail ulasan Alienware m16 R1
Detailnya membantu menjadikan Alienware m16 R1 salah satu laptop gaming dengan tampilan terbaik.

Performa 3D Alienware m16 R1 hadir melalui GPU mid-range Nvidia GeForce RTX 4060 yang memiliki RAM GDDR6 8GB. Meskipun menjalankan tes ray-tracing 3DMark yang sulit, skornya hanya 2.622 (rata-rata 26,2fps) di Speed ​​Way dan 5.925 (rata-rata 25fps) di Port Royal. Jadi, meskipun mampu memainkan game sinematik dengan tampilan terbaik, Anda mungkin harus menurunkan pengaturan resolusi dan/atau detail.

Baca Artikel Terkait  Spesifikasi dan Detail Lenovo IdeaPad 1 15AMN7 (82VG003VFR).

Dalam tes Time Spy dan Fire Strike Extreme, yang mirip dengan judul game AAA, skornya 11.157 (rata-rata 65,3fps) pada yang pertama dan 12.282 (rata-rata 56,4fps) pada yang terakhir. Skor ini menunjukkan bahwa Alienware m16 R1 akan memiliki sedikit masalah dalam memainkan game terbaru dan terhebat tanpa terlalu banyak kesulitan.

Dalam tes Night Raid yang lebih rendah, skornya 66.746 yang merupakan rata-rata 616,2fps. Ini menggarisbawahi fakta bahwa ia akan dengan mudah mengatasi permainan kasual dan kompetitif.

Dalam pengujian CS:GO kami yang sulit, yang menekankan keseluruhan sistem, Alienware m16 R1 rata-rata mencapai 298fps di seluruh tolok ukur, sementara mencatat penurunan hingga 52fps dalam frame paling lambat, satu persen frame (tes Rendah 1%). Dengan demikian, ini tidak akan berubah menjadi tayangan slide saat granat asap meledak dan ini akan menjadi pertimbangan utama bagi para gamer profesional dan kompetitif.

Penjualan Laptop Lenovo

Kami senang melihat bahwa tidak ada masalah stabilitas dengan Alienware m16 R1 meskipun kami akan menambahkan bahwa ini adalah varian dengan spesifikasi yang agak rendah dan tersedia versi yang lebih kuat. Perlu juga dicatat bahwa model 2023 memiliki kaki karet berkontur yang mengangkat sasis sedikit dari permukaan yang keras sambil menyalurkan udara panas.

Meskipun demikian, kipas dapat meningkat dalam penggunaan minimal dalam Mode Seimbang dan secara alami menjadi keras saat dimaksimalkan (dengan beberapa panggilan ke atas dan ke bawah). Sebagian besar waktu itu menyerupai deru rendah dengan rengekan kecil bernada tinggi. Hasil dari semua ini adalah jarang menjadi lebih dari suam-suam kuku, yang mengesankan untuk laptop gaming.

Konektivitas dan Port

Ulasan Alienware m16 R1 tersisa
Di sebelah kiri Alienware m16 R1 terdapat port Ethernet 2,5Gbps, port USB-A 3.2 Gen 1, dan jack audio 3,5mm.
Alienware m16 R1 mengulas port belakang
Di bagian belakang terdapat dua port Thunderbolt 4, dua port USB-A 3.2 Gen 1 lagi (satu dengan Power Delivery), slot SDcard, HDMI 2.1, dan miniDP.
Alienware m16 R1 benar
Di sebelah kanan Alienware m16 R1 adalah… tidak lain adalah ventilasi.

Di dalamnya ada Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3. Secara keseluruhan, ini adalah pelengkap teknologi konektivitas generasi terbaru yang sangat mengesankan.

Portabilitas

Alienware m16 R1 tidak ringan di 3KG. Namun, power brick bergaya hanya menambahkan 810g lagi ke dalam campuran yang rendah untuk game beast unggulan. Ini adalah salah satu laptop paling solid yang pernah kami lihat dan harus dengan mudah bertahan hidup dibawa dari LAN ke LAN.

Ulasan Alienware m16 R1 di bawah ini
Sulit dilihat, tetapi ada cincin karet berkontur di bagian dasar yang meningkatkan aliran udara. Ini bukan hal yang paling nyaman untuk diletakkan di pangkuan Anda (kami masih mencari foto close-up kami, maaf!)

Ini memiliki baterai 86Whr yang cukup besar tetapi hanya bertahan 5 jam 8 menit dalam pengujian kami. Kami sebenarnya harus menjalankan pengujian beberapa kali karena tampaknya terlalu rendah – terutama untuk laptop kombo Intel-Nvidia Generasi ke-13, tetapi ini adalah skor terbaik yang kami lihat.

Baca Artikel Terkait  Ulasan langsung Motorola Razr (2023): kesan pertama dengan Razr generasi baru!

Harga dan ketersediaan

Varian Alienware m16 R1 berbasis Intel kami berharga $4.299 dan tampaknya eksklusif untuk JB Hi-Fi. Toko tersebut menawarkan SKU yang lebih kuat yang berkisar hingga Intel i9 dan versi olahraga Nvidia 4090 dengan harga $ 7.799. Atau, Anda dapat membeli lebih murah, AMD model berbasis prosesor (dengan grafis Nvidia 4080 yang lebih baik) lebih sedikit uang di situs Dell sendiri.

Alternatif untuk Alienware m16 R1

Lenovo Legion Pro 5i (Gen 8) – Pada saat penulisan itu dalam penjualan dan jauh lebih murah. Ini juga jauh lebih cepat dengan layar yang lebih baik. Sepertinya itu milik kantor.

Asus ROG Zephyrus M16 – Ini memiliki harga yang sama meskipun lebih cepat. Uniknya, tampilannya yang edan juga menyaingi Alienware dalam hal tampilan seperti laptop gaming.

MSI Pulsa 17 – Ini satu inci lebih besar, memiliki prosesor yang sama dan grafik yang lebih cepat. Ini juga hampir $ 2.000 lebih murah meskipun tidak dapat menyamai penampilan dan kualitas pembuatan Alienware.

MSI Raider GE77 HX – Ini mungkin model generasi terakhir tetapi masih mengagumkan dan saat ini tersedia dengan harga giveaway.

Penjualan Laptop Lenovo

Acer Predator Triton 500SE – Acer’s Triton mungkin tidak terlihat sebagus Alienware, tetapi lebih cepat, kokoh, dan jauh lebih murah!

Kesimpulan: Haruskah Anda membeli Alienware m16 R1?

Meskipun kami ingin mencintai Alienware m16 R1, itu bukan nilai yang bagus di pasar laptop gaming yang ramai. Kami akan mencoba dan menguji SKU yang lebih kuat untuk melihat apakah itu dapat membantu meningkatkan proposisi nilai tetapi meskipun demikian, kami ingin melihat layar dan keyboard yang berbeda disediakan. Sayangnya, speaker yang biasa-biasa saja, masa pakai baterai, dan kebisingan tidak akan ditingkatkan di seluruh spesifikasi.

Jika Anda menyukai tampilannya, Alienware m16 R1 masih layak dibeli. Tetapi bagi siapa pun yang mencari laptop gaming kelas atas, ada banyak pilihan yang lebih baik di pasaran.

Pro

Tampak hebat
Dibangun dengan baik
Pendinginan yang efisien

Kontra

Papan ketik yang kaku
Berat
Masa pakai baterai yang buruk

Hasil

Skor Alienware m16 R1

  • Performa 2D
  • Performa 3D
  • Ergonomi
  • Stabilitas
  • Portabilitas
  • Nilai

Ringkasan

Alienware m16 R1 terlihat luar biasa dan dibangun dengan sangat baik. Namun, SKU kelas bawah ini tidak memiliki nilai yang bagus dan ada beberapa kelemahan fungsionalitas yang merusak desainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.