Pratinjau iPhone 15 Pro: memasuki era USB-C

by

Pengenalan iPhone 15 Pro

IPhone 15 Pro hadir dengan beberapa perubahan besar tahun ini, dimulai dengan bagian dalam A17 Bionic baru, chip seluler 3nm pertama di dunia, dan akhirnya kami mendapatkan port USB-C, sama seperti pada sebagian besar gadget Anda yang lain, plus itu juga diharapkan hadir dengan desain yang disempurnakan dan kamera yang ditingkatkan.

Tentu saja, iPhone 15 Pro belum resmi, jadi perubahan pada daftar fitur itu dimungkinkan, tetapi sejumlah kebocoran dan rumor telah memberikan gambaran yang hampir lengkap tentang pembangkit tenaga ponsel kompak ini.

Jadi, mari jelajahi segala sesuatu yang baru dan menarik tentang iPhone 15 Pro, dan lihat apakah ini itu telepon Anda harus membeli setelah keluar pada bulan September.

Apa yang baru tentang iPhone 15 Pro

  • Port USB-C, bukan Lightning
  • Chip A17 baru, opsi penyimpanan yang sama
  • Upgrade ke RAM 8GB
  • Ukuran layar yang sama
  • Bodi titanium baru
  • Tombol Tindakan Baru alih-alih tombol Mute
  • Ukuran baterai dan kecepatan pengisian serupa
  • Warna Merah Tua baru

Daftar isi:

Spesifikasi iPhone 15 Pro

Sorotan utama termasuk chip A17 3nm, lompatan ke RAM 8GB, serta port USB-C baru

Desain & Warna iPhone 15 Pro

Tepi layar tertipis, bingkai titanium, dan warna Merah Tua yang serba baru

IPhone 15 Pro diharapkan mempertahankan faktor bentuk kompak 6,1 inci yang sudah dikenal, tetapi meskipun bentuk dan ukurannya secara keseluruhan kurang lebih sama, itu tidak akan sama seperti sebelumnya.

Perubahan pertama yang dilakukan Apple adalah beralih ke bingkai titanium baru yang lebih tahan lama dan juga lebih ringan. Ini menggantikan rel baja tahan karat mengkilap yang kami miliki di iPhone Pro sebelumnya, dan sepertinya pilihan yang bagus karena harus mampu menahan goresan dengan lebih baik dan tidak akan menjadi magnet sidik jari seperti baja tahan karat.

Selanjutnya, kami memiliki port USB-C di bagian bawah. Apple telah beralih ke USB-C sejak lama di Macbook dan iPad-nya, dan semua ponsel Android juga telah menggunakan port USB-C dalam lima tahun terakhir atau lebih, jadi ini pasti akan membuat hidup kita lebih mudah dan kita tidak perlu membawa banyak kabel berbeda di setiap perjalanan.
Dalam hal tombol, kami memiliki tombol fisik daya (di sebelah kanan) dan volume (di sebelah kiri) yang sudah dikenal, tetapi alih-alih Mute Switch, Apple diharapkan memperkenalkan Tombol Tindakan baru yang dapat diprogram. Anda akan dapat mengaturnya untuk membisukan telepon, jika Anda mau, tetapi Anda juga dapat mengaturnya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda sesuai pilihan Anda, dan itu bagus.

Baca Artikel Terkait  Ulasan TECNO Camon 20 Pro 5G - Gadget Filipina

Layar iPhone 15 Pro

IPhone 15 Pro akan memiliki ukuran layar 6,1 inci yang sama seperti sebelumnya, tetapi yang berubah secara visual adalah batas di sekitar layar tersebut, yang sekarang diharapkan lebih ramping, setipis hanya 1,5mm. Ini akan menjadikan iPhone 15 Pro ponsel dengan bezel tertipis yang pernah ada, pencapaian yang mengesankan.

Layarnya sendiri akan menjadi OLED dan akan mendukung teknologi ProMotion 120Hz, yang membantu membuat pengguliran mulus seperti mentega. IPhone 15 Pro juga akan memiliki fungsi Layar Kunci Selalu Aktif, yang diperkenalkan Apple tahun lalu.

Kami berharap dapat melihat panel layar OLED terbaru Samsung digunakan di sini, dengan kemungkinan peningkatan kecerahan maksimum dan keseimbangan warna. Satu hal yang juga kami harapkan adalah peningkatan pada kecerahan minimum juga, jadi lebih nyaman menggunakan ponsel di tempat tidur pada malam hari. Nantikan pengukuran tampilan terperinci kami yang akan muncul di bagian ini setelah peluncuran telepon.

Dan untuk biometrik, tidak ada perubahan: Apple menggunakan ID Wajah yang dibangun di Pulau Dinamis dan berfungsi dengan sangat baik.

Kamera iPhone 15 Pro

Hampir sama dengan tahun lalu (dan tidak, tidak ada kamera zoom periskop pada versi Pro)

IPhone 15 Pro hadir dengan sistem kamera belakang tiga, yang terlihat hampir identik dengan yang kami miliki di iPhone 14 Pro tahun lalu.

Artinya kita memiliki yang berikut:

  • Kamera utama/lebar 48MP
  • 12MP ultra lebar
  • Lensa telefoto zoom 12MP 3X

Kami telah melihat beberapa spekulasi bahwa Apple mungkin mengadopsi sensor yang lebih besar untuk kamera utama, tetapi tidak ada dari sumber yang memiliki reputasi baik, jadi kami tidak dapat menganggap ini serius.

Seperti berdiri, iPhone 15 Pro mungkin memiliki perangkat keras kamera yang sama seperti pendahulunya, tetapi perangkat lunak dan pemrosesan gambar yang sebenarnya mungkin berubah.

Dan kami benar-benar berharap itu akan terjadi. Kami berharap untuk melihat lebih sedikit penajaman ekstrim yang kami lihat pada 14 Pro khususnya, dan gambar memang memiliki “tampilan ponsel cerdas” yang sangat khas, yang tidak selalu seperti yang Anda inginkan dan kami telah melihat ponsel lain sekarang melakukan pekerjaan yang lebih baik mengambil foto yang terlihat lebih alami dan nyata.

Di depan video, desas-desus mengklaim ini mungkin iPhone pertama yang mendapatkan perekaman video 8K, sebuah fitur yang dimiliki oleh mereka yang berada di kamp Android selama beberapa tahun sekarang.

Kami belum mendengar spekulasi apa pun tentang gerakan lambat yang lebih baik, tetapi gerakan lambat 4K120 pasti berada di bagian atas daftar keinginan kami untuk fitur video.

Performa & Tolok Ukur iPhone 15 Pro

Binatang buas dari sebuah chip dan lebih banyak RAM

Di bawah tenda, iPhone 15 Pro diharapkan berjalan pada chip baru: Apple A17 Bionic.

Ini akan menjadi chip 3nm pertama tidak hanya untuk Apple tetapi untuk industri secara keseluruhan. 3nm adalah masalah besar dan Apple berada di depan semua orang dalam mengadopsinya.

Teknologi manufaktur baru ini canggih, dan diharapkan memberikan peningkatan kinerja dua digit, tetapi yang lebih penting, diharapkan juga lebih hemat daya.

Kami masih belum melihat perkiraan tolok ukur apa pun, jadi kami tidak dapat memberi Anda angka spesifik, tetapi kami akan memperbarui bagian ini dengan lebih banyak detail saat itu masuk.

Baca Artikel Terkait  Pratinjau iPhone 15: akankah flagship dasar Apple menawarkan lebih banyak kali ini?

Apple juga meningkatkan jumlah RAM menjadi 8GB, peningkatan yang bagus, sementara opsi penyimpanan tetap tidak berubah dengan basis, model 128GB, lalu opsi 256GB/512GB dan 1TB.

Anda juga memiliki modem baru, Qualcomm X70, yang seharusnya membantu mendapatkan sinyal yang lebih baik dan lebih konsisten. Apple sedang mengembangkan modemnya sendiri untuk suatu hari menggantikan Qualcomm, tetapi hari itu belum tiba.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa iPhone 15 Pro hanya akan berfungsi dengan eSIM di Amerika Serikat, jadi Anda tidak dapat memasukkan kartu SIM fisik Anda begitu saja. Model internasional kemungkinan masih memungkinkan untuk kartu SIM fisik.

Perangkat Lunak iPhone 15 Pro: iOS 17

Seperti biasa, iPhone 15 Pro akan berjalan dengan cara yang sama iOS 17 perangkat lunak seperti semua iPhone lain yang didukung, kembali ke iPhone XR.
iOS 17 menghadirkan peningkatan besar pada aplikasi Telepon, Pesan, dan FaceTime, ditambah beberapa perubahan kualitas hidup yang lebih kecil termasuk koreksi otomatis yang lebih baik (akhirnya!), serta cara baru untuk memicu Siri dengan hanya mengatakan “Siri” alih-alih “Hai Siri”.

Perubahan pada aplikasi Telepon mungkin akan terlihat paling nyata karena sekarang Anda dapat menyetel Poster Kontak untuk Anda sendiri yang akan ditampilkan dalam layar penuh di iPhone lain saat mereka menerima panggilan dari Anda. NameDrop adalah trik baru lainnya di mana Anda cukup mendekatkan iPhone dengan yang lain untuk bertukar info kontak. Dan di aplikasi pesan, Anda akan dapat membalas dengan stiker animasi yang dibuat dari Live Photos Anda, sentuhan pribadi yang bagus untuk pengalaman tersebut.

Kami juga menyukai Mode Siaga baru di mana ponsel Anda akan berfungsi seperti hub rumah mini yang menampilkan informasi berguna saat sedang mengisi daya.

Fitur baru lainnya termasuk widget interaktif, pelacakan suasana hati di aplikasi Kesehatan, serta aplikasi penjurnalan baru.

Bagian terbaik dari memiliki iPhone adalah dukungan pembaruan perangkat lunak. Apple biasanya mengirimkan pembaruan perangkat lunak selama lima atau bahkan enam tahun, jadi ini berarti iPhone 15 Pro akan mendapatkan yang berikut ini:

  • iOS 18 — 2024
  • iOS 19 — 2025
  • iOS 20 — 2026
  • iOS 21 — 2027
  • iOS 22 — 2028

Dan bahkan mungkin iOS 23! Bicara tentang perangkat tahan masa depan!

Baterai iPhone 15 Pro

Jika ada peningkatan, sebagian besar karena chip yang lebih efisien

IPhone 15 Pro diharapkan tiba dengan baterai 3.200 mAh, ukuran yang sama dengan model tahun lalu.

Baca Artikel Terkait  Pratinjau Samsung Galaxy Tab S9+: Yang baik menjadi lebih baik

Tidak ada ruang untuk peningkatan besar dalam ukuran baterai dalam desain saat ini, tetapi rumor mengatakan bahwa iPhone 16 Pro tahun depan akan mendapatkan sasis yang sedikit lebih besar dan dapat menampung lensa zoom periskop dan baterai yang lebih besar. Atau salah satu dari dua ini.

Bagaimanapun, kembali ke iPhone 15 Pro, kami mengharapkan sedikit peningkatan pada masa pakai baterai, tetapi sebagian besar disebabkan oleh chip Bionic A17 3nm baru yang menyedot lebih sedikit daya.

Bahkan dengan peningkatan seperti itu, jangan lupa bahwa kami masih memiliki ponsel 6,1 inci yang cukup ringkas, jadi untuk semua maksud dan tujuan Anda harus mengisi dayanya semalaman, setiap malam.

Kecepatan Pengisian iPhone 15 Pro

Berbicara tentang situasi pengisian daya… USB-C aktif!

Ini adalah kesepakatan yang lebih besar daripada kedengarannya. Tidak hanya USB-C yang berarti jauh lebih sedikit kabel dan kekacauan di rumah Anda dan saat bepergian, itu juga berarti dapat dengan mudah menyambungkan SSD atau pembaca kartu SD ke iPhone Anda untuk mentransfer file atau foto.

IPhone 15 Pro dikabarkan juga mendukung kecepatan transfer cepat, di UFS 3.2, sehingga Anda dapat dengan mudah mentransfer file yang lebih besar.

Namun, kecepatan pengisian sebenarnya tidak diharapkan menjadi lebih cepat dengan transisi ke port baru ini. Harapkan kecepatan pengisian kabel 23W yang sama, dan kira-kira 1 jam 40 menit untuk mengisi ulang iPhone dari 1%.

Anda juga akan memiliki pengisian daya nirkabel MagSafe, yang bekerja pada kecepatan 15W, jadi sedikit lebih lambat daripada pengisian kabel, tetapi berpotensi lebih nyaman.

Kualitas Audio dan Haptik iPhone 15 Pro

Apple membawa perubahan kecil namun konsisten dan peningkatan kualitas audio pada iPhone-nya dan kami berharap ini terjadi sekali lagi dengan iPhone 15 Pro.

Namun, masih terlalu dini untuk mengetahui secara spesifik, dan belum ada rumor dan bocoran tentang perkembangan besar dalam pengalaman kualitas audio pada 15 Pro.

Untuk haptics, selama bertahun-tahun Apple telah memperlakukan kami dengan Taptic Engine, yang memiliki umpan balik getaran yang sangat bagus dan kencang, dan kami mengharapkan hal yang sama dengan model yang lebih baru ini, jadi tidak ada perubahan.

Ringkasan iPhone 15 Pro

Pada akhirnya, iPhone 15 Pro adalah perubahan yang lebih besar daripada yang terlihat di permukaan.

Terobosan teknologi besar adalah chip A17 Bionic, menjadi chip 3nm pertama dan semuanya, tetapi perubahan yang lebih sederhana seperti transisi ke port USB-C akan membuat perbedaan dalam cara Anda menggunakan ponsel ini dan kenyamanan sehari-hari.

Mereka yang mencari peningkatan besar pada sistem kamera tidak akan menemukan kamera zoom periskop pada model yang lebih kecil ini seperti pada 15 Pro Max, jadi itu salah satu kompromi.

Tetapi jika Anda menginginkan ponsel andalan ringkas yang tidak berkompromi, iPhone 15 Pro hanya itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.