Pesan Google dapat segera menampilkan enkripsi ujung ke ujung untuk perpesanan lintas platform
2 mins read

Pesan Google dapat segera menampilkan enkripsi ujung ke ujung untuk perpesanan lintas platform

Rich Communication Services (RCS) adalah platform perpesanan yang tersedia di aplikasi Messages by Google untuk Android. Mirip dengan iMessage Apple, RCS menjalankan konektivitas data, bukan konektivitas seluler. Hal ini memungkinkan untuk mengirim dan menerima pesan besar, berbagi gambar dan video berkualitas lebih tinggi, mengirimkan tanda terima baca dan indikator pengetikan, dan menawarkan enkripsi end-to-end.

Tapi seperti obrolan yang terdiri dari pengguna iMessage yang kehilangan semua fitur hebatnya saat pengguna Android berani bergabung dengan grup, hal yang sama terjadi saat pengguna iPhone bergabung dengan sesi obrolan yang terdiri dari pengguna RCS. Salah satu fitur yang hilang dari pengguna RCS dan iMessage ketika seseorang dari platform saingan bergabung dengan obrolan grup adalah enkripsi end-to-end yang disebutkan di atas.
Sebagai Kata Google dalam posting blog itu diterbitkan pada hari Rabu, “Inilah mengapa Google sangat mendukung upaya pengaturan yang memerlukan interoperabilitas untuk platform perpesanan ujung-ke-ujung yang besar.”
Google menulis, “Agar interoperabilitas berhasil dalam praktiknya, bagaimanapun, peraturan harus digabungkan dengan standar terbuka, diperiksa oleh industri, khususnya di bidang privasi, keamanan, dan enkripsi end-to-end.” Dan ini masuk akal. Jika tidak, Anda akan menghadapi situasi di mana enkripsi end-to-end akan berantakan. “Pesan grup harus dienkripsi dan dikirim berkali-kali untuk memenuhi setiap protokol yang berbeda,” kata perusahaan itu.
Akibatnya, Google mengumumkan bahwa mereka mendukung Messaging Layer Security (MLS) yang akan memungkinkan enkripsi end-to-end tetap berlaku di antara dua platform perpesanan besar seperti iMessage dan RCS. MLS adalah protokol yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) dan sekarang memungkinkan “interoperabilitas praktis di seluruh layanan dan platform, menskalakan ke grup yang terdiri dari ribuan pengguna multi-perangkat.”
Google berencana untuk mengintegrasikan MLS ke Google Messages. Tujuannya adalah agar pengguna aplikasi Pesan Google menikmati obrolan grup yang aman dengan semua anggota obrolan grup terlepas dari aplikasi perpesanan yang mereka gunakan. Jika Anda tidak memiliki aplikasi Messages by Google di perangkat, klik tautan ini untuk menginstalnya di ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *